Augmented Reality (AR) 3 Dimensi

October 15, 2018

Assalamualaikum Wr. Wb. ❤
Selamat datang lagi di Blog saya, kali ini saya akan melanjutkan materi tentang 3D yaitu Augmented Reality atau biasa kita sebut AR.


Pengertian Augmented Reality (AR)

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau
tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi
lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Tujuan Augmented Reality (AR)
Augmented Reality bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata.

Metode Augmented Reality (AR)

1. Marker AR (Marker Based Tracking)
Marker merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan tiga sumbu yaitu X, Y, dan Z. Marker ini sudah lama dikembangkan sejak 1980 dan baru dikembangkan untuk pengguna Augmented Reality pada awal 1990.


2. Markerless Augmented Reality
Salah satu metode Augmented Reality yang sedang berkembang adalah metode “Markerless Augmented Reality”, dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan marker untuk menampilkan elemen-elemen digital, tetapi menggunakan tool yang disediakan Qualcomm mempermudah pengembang untuk membuat aplikasi yang markerless (Qualcomm, 2012).

Seperti yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan Immersion dan Qualcomm, mereka telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking, seperti 3D Object Tracking, Face Tracking, GPS Based Tracking, dan Motion Tracking.

a. 3D Object Tracking
Teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk benda yang ada disekitar, seperti mobil, meja, televisi, dan lain-lain.

b. Face Tracking

Dengan perkembangan waktu komputer sudah dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, tetapi akan mengabaikan objek-objek lain di sekitarnya seperti pohon, rumah, dan lain – lain.

c. GPS Based Tracking
Teknik GPS Based Tracking saat ini banyak dikembangkan pada aplikasi smartphone, dengan memanfaatkan fitur GPS dan kompas yang ada didalam smartphone, aplikasi akan mengambil data dari GPS dan kompas kemudian menampilkannya dalam bentuk arah yang kita inginkan secara realtime, bahkan ada beberapa aplikasi menampikannya dalam bentuk 3D.

d. Motion Tracking
Di teknik ini komputer dapat menangkap gerakan yang dilakukan
oleh objek, Motion Tracking telah mulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi film-film yang mencoba mensimulasikan gerakan.

Contoh Aplikasi AR 
1. Augment - 3D Augment Reality
2. Layar
3. Istaging
4. Starwalk
5. Ingress







You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Kindly check my business

Thrift Crewneck Oversize Hoodie Cardigan