Pengertian, Contoh, Software Media Interaktif

September 18, 2019

Pengertian Media Interaktif 
Media interaktif adalah metode komunikasi di mana output dari media berasal dari masukan dari pengguna. Media interaktif yang bekerja dengan pengguna partisipasi. Salah satu contohnya media pembelajaran interaktif.

Media pembelajaran interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara, tetapi juga memberikan respon yang aktif, dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian (Seels & Glasgow dalam Arsyad, 2002:36).

Jenis - jenis Media Interaktif 
1. Media interaktif berbasis E-Learning
    a. Moodle : Moodle adalah salah satu E-Learning berbasis PHP dan MySQL yang paling          populer. Memiliki fitur jadwal pembelajaran, program quiz, presentasi hasil karya.                  Moodle juga memiliki modul interaksi siswa dengan guru yakni chatforum, workshop              atau survey.
    b. Fedena : Fedena memiliki fitur lengkap untuk kegiatan pembelajaran hingga                          manajemen pendidikan di sekolah. Adanya klasifikasi akses login antara pendidik,                tenaga kependidikan, siswa, orang tua dan manajemen lembaga pendidikan membuat          Fedena menjadi alternative terbaik untuk membangun e-learning institusi satuan                    pendidikan.
    c. Ilmukomputer : Ilmukomputer.com adalah e-learning berbasis komunitas yang                        menyediakan sumber belajar khusus ilmu komputer dalam bahasa Indonesia secara            free.
    d. Pesonaedu : Pesonaedu.com hadir sebagai e-learning khusus matematika dan IPA.              Kelebihan dari situs ini adalah menyediakan banyak materi yang dilengkapi dengan              gambar animasi sehingga lebih mudah dan menarik untuk dipelajari.
    e. Fisikanet.lipi.go.id : Fisikanet keluaran LIPI ini merupakan e-learning khusus pelajaran          Fisika. Tersedia materi, latihan soal, sejarah dan ruang diskusi seputar mencari                    penyelesaian mengenai pelajaran fisika.

2. Media interaktif berbasis software
    a. ekentest : Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan aritmatika dengan            konsep kuis.
    b. Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite : Software Kalkulator ilmiah dengan fitur                      formula yang sangat lengkap.
    c. Animals for Kids 2.1 : Software pendidikan berbasis flash card tentang ensiklopedia              hewan secara lengkap.
    d. Chinese Toolbox FREE 9.1.2 : Software Chinese Toolbox hadir sebagai alat bantu                mempelajari bahasa china dengan baik mulai dari tingkat dasar.
    e. ChemDigit :Software kalkulator kimia tentang perhitungan kimia lengkap.
    f.  Portable Balabolka 1.32.0.463 : Software Text-To-Speech yang akan mengubah                    bahasa tulisan ke bahasa lisan secara digital oleh komputer.
    g. TinyPiano v0.8e : Software belajar piano secara gratis melalui komputer.
    h. Celestia Portable : Software untuk mempelajari tentang tatasurya secara detail                      dengan fitur audio visual yang mumpuni.
     i. Holy Quran Software 1.0 : Software Al-Quran Digital untuk pembelajaran Pendidikan            Agama Islam.
     j. Anatomy Illustrator 1.0.0 : Software mempelajari tentang anatomi tubuh manusia                  melalui ilustrasi gambar yang detail.
    k. BoneLab 1.0.3.4 : Software untuk mempelajari tentang rangka manusia lengkap                    dengan gambar dan keterangannya.
    l.  Smart Draw : Software untuk membuat rangkaian Listrik secara digital.
   m. Kamus Inggris Indonesia : Kamus untuk menerjemahkan Bahasa Inggris –Indonesia            secara digital.
    n. Kamus Jawa Indonesia : Kamus untuk menerjemahkan Bahasa Jawa – Indonesia                secara digital.
    o. Software Mengetik dengan 10 Jari : Software untuk latihan mengetik dengan                          menggunakan 10 jari yang menarik untuk digunakan.

3. Media Interaktif berbasis aplikasi Android
    a. Aplikasi KelasKita : Aplikasi ini hadir dengan beragam kelas online yang bisa diikuti.              Setelah kita memutuskan untuk mengikuti suatu kelas, kita akan mendapatkan materi          yang diberikan secara bertahap.
    b. Aplikasi RuangGuru : Aplikasi ruangguru memungkinkan kita untuk konsultasi tentang          materi pembelajaran melalui chat maupun video call. Sehingga aplikasi ini bisa                      dijadikan narasumber dalam pembelajaran. Menarik kan?
    c. Quipper : Aplikasi android berbayar ini menyediakan kumpulan soal lengkap. Bisa                dijadikan alternative media pembelajaran interaktif latihan soal untuk siswa dan guru            akan mengoreksi dan menilai hasilnya.
    d. Aplikasi Belajar Online Tryout UN SD : Bank Soal Latihan UN SD versi digital yang                bisa dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum menghadapi UN.        
    e. CBT UN SMP : Mirip dengan aplikasi sebelumnya, hanya saja aplikasi ini untuk siswa          SMP.
    f.  Star Chart : Aplikasi android tentang materi astronomi dan Tata Surya. Media                        pembelajaran alternative dalam belajar Sains.

Software Pembuat Media Interaktif
Beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat media interaktif, antara lain :
    a. Prezi : Prezi hadir sebagai software untuk membuat presentasi pembelajaran berbasis          frame-frame yang tersusun dalam sebuah canvas tanpa batas. Prezi memberikan fitur          zoom-in zoom-out untuk perpindahan dari masing-masing frame. Sehingga                            pergerakan perpindahan frame akan menyerupai gerakan pada video.
    b. Flypaper : Flypaper adalah software untuk menggabungkan gambar, video, flash,                  animasi gambar bergerak, hingga game Software yang sangat cocok untuk membuat            media pembelajaran interaktif konten visual.
    c. Camtasia : Camtasia adalah software perekam aktivitas pada layar monitor                            computer/laptop. Software ini juga mumpuni dalam pengeditan video.
    d. Snagit : Snagit adalah software untuk capture layar monitor secara otomatis. Ini                    merupakan teknologi print screen yang dapat digunakan hanya dalam satu step.                    Cocok untuk membuat tutorial untuk peserta didik.
    e. Lectora : Lectora adalah software paket lengkap yang menyediakan beragam                        template yang siap diisi dengan materi pembelajaran yang akan disajikan. Selain itu di          dalam Library Lectora juga sudah disediakan banyak gambar dan animasi gambar                bergerak untuk melengkapi tampilan media pembelajaran interaktif yang sedang kita            rancang.
     f. Adobe Flash Profesional : Software pembuat vector plus animasi gambar bergerak                hingga efek yang menarik. Rekomended untuk merancang media pembelajaran                    interaktif konten visual.
    g. Windows Movie Maker : Software satu ini merupakan software bawaan Microsoft                  untuk pembuatan video silde sampai editing video. Sangat mudah untuk digunakan.              Sehingga akan memudahkan guru untuk membuat suatu media pembelajaran                      interaktif audiovisual.
    h. Microsoft Power Point : Software paling popular dalam pembuatan presentasi. Sangat          mudah digunakan dan kita bisa mencari banyak template di internet untuk membuat              slide yang menarik dan variatif.
     i. Filmora Wondershare : Software semacam Windows Movie Maker untuk membuat               videoslide maupun editing video. Hadir dengan fitur video effect yang lebih lengkap               dari WMM.
    j. GoAnimate : Pernah melihat video dengan tampilan tangan yang menulis, atau sering           disebut “handwriting”? Nah, inilah software yang digunakan.














You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Kindly check my business

Thrift Crewneck Oversize Hoodie Cardigan