Contoh Soal USBN PPKN Kelas 12 SMK

February 29, 2020

Contoh - Contoh Soal Persiapan USBN PPKN Kelas 12 SMK 

1. Suasana kehidupan politik yang dijalankan oleh lembaga-lembaga negara disebut
    ASuprastruktur politik 
    B.  LSM
    C. Interest Group
    D. Infra struktur politik
    E. Pressure Group

     2. Keberadaan lembaga-lembaga negara di Indonesia begitu dinamis, Hal tersebut merupakan dampak langsung dari mekanisme pengelolaan kekuasaan negara yang bersifat dinamis pula, setelah reformasi lembaga yag tidak ada dalam struktur lembag negara adalah ….
A. Mahkamah Agung
B. Mahkamah Konstitusi
C. Dewan Perwakilan Rakyat
D. Dewan Pertimbangan Agung
E. Badan Pengawas Keuangan

3. Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai merupakan konsep….
A. Geopolitik
B. Geostrategi
C. Wawasan nusantara
D. Wawasan kebangsaan
E. Ketahanan nasional

4. Wawasan nusantara sebagai pedoman,motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan penyelenggara negara dipusat dan daerah, merupakan….
A. Tujuan wawasan nusantara
B. Fungsi wawasan nusantara
C. Asas wawasan nusantara
D. Prinsip wawasan nusantara
E.  Kedudukan wawasan nusantara

5. Mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individua atau kelompok dan golongan merupakan…..
A. Tujuan wawasan nusantara
B. Fungsi wawasan nusantara
C. Asas wawasan nusantara
D. Prinsip wawasan nusantara
E.  Kedudukan wawasan nusantara

6. Adanya keberanian untuk berpikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar  demi kebenaran dan kemajuan bangsa , merupakan asas wawasan nusantara, yaitu ….
A. Keadilan
B. Kejujuran
C. Solidaritas
D. Kerjasama
E. Kesetiaan

7. Driver, penjahit, montir, tukang cukur dll merupakan  tenaga kerja  yang masuk dalam kategori……..
A. Terdidik
B. Terlatih
C. Terdidik dan terlatih
D. Professional
E. Tidak terdidik dan terlatih

8. Salah satu upaya pemerintah dalam pengawasan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajibanwarga negara adalah mengoptimalkan peran Lembaga Ombudsman, berikut ini yang termasuk fungsi Lembaga Ombudsman adalah ....
A. mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh penyelenggara negara dan pemerintah pusat / derah termasuk oleh BUMN serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu
B. Menangkap para koruptor di bidang pembangunan dan infrastruktur serta anti kekerasan terhadap perempuan
C. Meningkatkan penyebarluasan prinsip–prinsip kesadaran bernegara kepada masyarakat melalui lembaga pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi) maupun non-formal (kegiatan–kegiatan keagamaan dan kursus–kursus)
D. Meningkatkan profesionalisme lembaga keamanan dan pertahanan negara
E. Meningkatkan kerja sama yang harmonis antar kelompok atau golongan dalam masyarakatagar mampu saling memahami dan menghormati keyakinan dan pendapat masing–masing
9. Pak Budi berkewarganegaraan Indonesia Istrinya berkewarganegaraan Malaysia, mereka menginginkan anaknya berkewarganegaraan Amerika, maka mereka berencana melahirkan anaknya di Amerika, hal ini menunjukkan bahwa Amerika menggunakan asas kewarganegaraan ....
A. ius sanguinis
B. ius soli
C. bipatride
D. apatride
E. stelsel aktif dan pasif

10. Peran serta masyaralat dalam sistem politiik Indonesia dalam dilakukan dalam berbagai aktivitas,sesuai UU Nomor 9 tahun 1998 sebuah produk hukum yang dikeluarkan awal reformasi di Indonesia di dalamnya terdapat bentuk-bentuk dan tata cara menyampaikan pendapat di muka umum, di bawah ini yang tidak sesuia dengan UU tersebut …..
A. Rapat umum
B. Mimbar bebas
C. Arak-arakan
D. Unjuk rasa
E. Pawai





You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Kindly check my business

Thrift Crewneck Oversize Hoodie Cardigan